90 Persen Suara Terhitung, Para Pemimpin Dunia Ucapkan Selamat pada Erdogan

Dari hasil penghitungan suara dalam Pemilihan parlemen dan presiden Turki mencapai akhirnya pada hari minggu dengan hasil Recep Tayyip Erdogan terpilih kembali menjadi presiden Turki.

Meski Dewan Tinggi Pemilu (YSK) belum menyampaikan pernyataan resmi, ucapan selamat berdatang dari beberapa negara. Misalnya ucapat dari Uni Eropa dengan Perdana Menteri Hungaria Victor Orban, menurut sumber di kepresidenan.

Presiden Azerbaijani Ilham Aliyev juga mengucapkan selamat pada Erdogan atas “keberhasilan besar”nya dalam pemilihan presiden, menurut pernyataan dari kepresidenan Azerbaijan.

Dalam panggilan telepon, Aliyev mengatakan Turki telah berkembang di bawah kepemimpinan Erdogan, menambahkan bahwa ekonomi Turki telah meraih beberapa kesuksesan besar dan Ankara telah mengokohkan posisinya di wilayah internasional.

Erdogan berterimakasih pada Aliyef untuk ucapan selamatnya.

Selama perbincangan, kedua pemimpin itu juga menyampaikan keyakinan terhadap kemajuan hubungan sahabat antara Turki dan Azerbaijan di semua bidang.

Pernyataan kepresidenan juga mengatakan Aliyev mengundang Erdogan untuk melakukan kunjungan rezmi ke Azerbaijan, dan Erdogan menerimanya.

Menurut sumber kepresidenan, Perdana Menteri Albania Edi Rama menyampaikan selamat pada Presiden Erdogan melalui panggilan telepon, yang Erdogan terima dengan berterimakasih.

Dalam panggilan telepon, Presiden Palestina Mahmoud Abbas juga menyampaikan selamat pada Erdogan atas “kesuksesan proses demokratis Turki dan kemenangannya dalam pemilihan presiden,” kata Kantor Berita Pemerintah (WAFA) dikutip Anadolu.

Abbas mengatakan: “Semoga Turki semakin sukses, maju dan stabil.”

Erdogan, menurut kantor berita WAFA, menegaskan “dukungan terus-menerus” Turki terhadap rakyat Palestina dan “perjuangan mereka dan hak kemerdekaan mereka dan stabilitas.”

Dengan 90 persen suara telah terhitung, Erdogan saat ini memimpin perolehan suara Pemilu presiden Turki.

Ucapan selamat juga datang dari Perdana Menteri Yunani Nikolaos Kotzias dan Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani.

Selain itu Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu, Mamadi Toure, menteri luar negeri Guinea Afrika Barat, juga menyampaikan ucapan selamat pada partai Keadilan dan Pembangunan (AK) atas pencapaiannya dalam Pemilu.

Sumber : https://www.hidayatullah.com/berita/internasional/read/2018/06/25/144643/90-persen-suara-terhitung-para-pemimpin-dunia-ucapkan-selamat-pada-erdogan.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *