Bashar al-Assad akan Bertemu Kim Jon Un di Korut, Apa Agenda Mereka?

Presiden Suriah Bashar al-Assad dipastikan akan bertemu dengan Kim Jong Un, pemimpin tertinggi dari Korea Utara sebagaimana telah dijadwalkan, Meski demikian tanggal pasti pertemuan dua kepala negara tersebut tidak diungkapkan.

Bashar al-Assad mengumumkan rencana kunjungan tersebut saat bertemu dengan Duta Besar Korea Utara. Pada kesempatan tersebut, Duta Besar Korea Utara mengatakan yakin bahwa Suriah akan mencapai ‘kemenangan akhir’ dalam perjuangannya melawan agresi.

“Saya akan mengunjungi Korea Utara dan bertemu dengan Kim Jong-un. Dunia menyambut peristiwa luar biasa di Semenanjung Korea baru-baru ini karena kepemimpinan politik Kim Jong-un yang luar biasa,” ujar Assad.

Assad juga turut mengungkapkan hal senada saat bertemu dengan Dubes Korut Mun Jong Nam pada 30 Mei silam.

“Saya yakin dia (Kim Jong Un-red) akan mencapai kemenangan akhir dan mewujudkan reunifikasi Korea. Pemerintah Suriah akan sepenuhnya mendukung semua kebijakan dan kepemimpinan Korut, dan selalu memperkuat dan mengembangkan hubungan persahabatan dengan Korut,” ujarnya.

Korea Utara dan Suriah sendiri diketahui saling mempererat hubungan bilateral diantara keduanya dalam beberapa tahun terakhir. Hal tersebut dilakukan lantaran sama-sama menghadapi tekanan internasional. Suriah ditekan karena perang yang tak berkesudahan, sementara Korut ditekan karena program nuklir.

Untuk diketahui, Suriah memiliki sebuah taman yang dibangun pada tahun 2015 dan dinamai ‘Kim Il-sung’, untuk menandai peringatan 70 tahun pembebasan Korea.

Sumber : https://www.islampos.com/bashar-al-assad-akan-bertemu-kim-jon-un-di-korut-apa-agenda-mereka-89706/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *