Bisnis Bernilai Ibadah

Di Kampus Pengusaha Muslim istilah inilah yang dipakai. Istiah Bisnis Langit merujuk pada manajemen bisnis yang berbasis spiritual.

Sandiaha Uno, Wakil Gubernur Jakarta saat ini sekaligus salah satu pengusaha muslim Indonesia terkaya, pernah berkata, “Entrepreneurhip is Mindset”. Ya mindset dalam berbisnis memang sangat penting. Salah dalam mindset, akan salah dalam menetukan strategi.

Mindset terbaik apapun peruntukannya, adalah mindset yang selalu dimuarakan kepada spiritualitas. Karena spiritualitas-lah level tertinggi dari semua konsep piramida yang ada.

Bagi kita seorang muslim, tentu spiritualitas di sini adalah Al-Islam. Semua dikembalikan berdasarkan nilai-nilai Islam. Maka jika kita berbisnis, berbisnislah dengan pedoman yang ada dalam Islam.

Jika Islam mengajarkan, bahwa kita diciptakan tiada lain untuk ibadah, maka bisnis seharusnya juga menjadi bagian dari ibadah. Coba kita hitung, berapa jam dalam sehari kita berbisnis? Sering kali kita habiskan waktu kita lebih dari 12 jam. Padahal sholat kita, baca Quran kita sehari mungkin tidak lebih dari 1 jam.

Sayang sekali jika sebagian besar waktu kita tidak ternilai ibadah. Maka jadikanlah setiap detik dalam bisnis kita, setiap gerak kerik kita dan karyawan kita bernilai ibadah. Bagaimana caranya?

Masukan setiap SOP dalam bisnis kita, aktivitas-aktivitas ibadah. Misal, karyawan sebelum absen kerja, wajibkan untuk sholat dhuha dan sedekah. Tulis di SOP lalu siapkanlah sarananya, tempat sholat dan kotak sedekah.

Masukan SOP mendoakan pelanggan saat briefing pagi, menjaga wudhu sepanjang jam kerja, semua karyawan wanita berhijab, dan lain-lain yang bisa disesuaikan dengan bisnis kita masing-masing.

Aktivitas yang bernilai ibadah ini insya Allah akan menjadi energi positif yang sangat besar bagi kemajuan bisnis kita, dan bayangkan pahala yang terus mengalir dari setiap aktivitas bisnis kita.

Dan bisa jadi bisnis kita menjadi perhatian penduduk langit yang terus mendoakan bisnis kita diberikan kemudahan dan keberkahan dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Selamat menjalankan bisnis langit.

Sumber : https://www.islampos.com/bisnis-itu-ibadah-89925/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *