Dituding Ekspor Bahan Kimia ke Suriah, 3 Perusahaan Belgia Segera Diadili

Tiga perusahaan Belgia menurut berita akan digugatdi pengadilan sekitar bulan Mei nanti karena dituduh mengekspor bahan kimia ke Suriah. Menurut laporan, terdapat kandungan isopropanol 95% bahkan lebih pada ekspor bahan kimia dari Belgia. Zat Isopropanol adalah yang sering digunakan dalam pembuatan gas Sarin.

Menurut laporan, bea cukai Belgia telah mengajukan tuntutan ke pengadilan negara itu dengan menuduh tiga perusahaan kecil dan menengah—Danmar Logistics, AAE Chemie dan Bea Cukai Anex yang sekarang sudah tidak beroperasi—telah mengekspor bahan kimia ke Suriah dan Lebanon tanpa memperoleh izin yang diperlukan.

Menteri Keuangan Belgia, Johan Van Overtveldt, mengatakan bahwa kasus terhadap perusahaan akan dimulai di pengadilan pada 15 Mei “Untuk membuka kasus di pelabuhan Antwerp dan berfokus pada masalah produk ilegal yang diekspor antara 2014-2016, meskipun ada sanksi terhadap rezim Bashar Assad. ”

Menurut laporan, Assad menggunakan senjata kimia terhadap penduduk Suriah, yang paling baru di kota Douma pada 7 April, namun rezim Suriah menyangkal tuduhan itu.

Seorang juru bicara untuk otoritas federal Belgia dikutip oleh The Guardian mengatakan bahwa “Pabean telah menetapkan pelanggaran hukum tentang impor, ekspor dan transit barang. Fakta-fakta yang ada adalah subjek investigasi pabean kriminal dan penuntutan dimulai pada akhir Maret di pengadilan pidana.”

Juru bicara itu menambahkan bahwa mereka tidak memiliki alasan untuk percaya bahwa bahan kimia yang dipermasalahkan telah digunakan dalam produksi senjata.

Source : https://www.islampos.com/dituding-ekspor-bahan-kimia-ke-suriah-3-perusahaan-belgia-segera-diadili-82454/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *