Iran Diguncang Gempa, Hassan Rouhani: Ini Rasa Sakit bagi Rakyat

Gempa dengan magnitude 5,2 skala richter diketahui telah menyebabkan guncangan keras di daerah pegunungan di wilayah selatan Iran, Alaraby. Gempa itu mengguncang Kota Sisakht, sekitar 700 kilometer (430 mil) selatan Teheran. Penduduk di kota ini berjumlah 10.000 orang.

Belum ada laporan langsung tentang korban atau kerusakan.

Iran rentan terhadap gempa bumi hampir setiap hari karena berada di garis patahan utama. Pada November 2017, gempa berkekuatan 7,2 skala richter telah menghantam Iran barat, menewaskan lebih dari 600 orang.

Bencana alam yang tragis itu terjadi di Kota Kurdi Sarpol-e-Zahab di provinsi Kermanshah di Iran barat. Baik regu penyelamat maupun penduduk lokal sama-sama berdiri di atas sisa-sisa kompleks apartemen, melihat-lihat puing-puing. Mereka menggunakan selimut tebal untuk membawa mayat.

Rumah sakit di Sarpol-e-Zahab rusak berat, dan tentara mendirikan rumah sakit lapangan, meskipun banyak yang terluka dipindahkan ke kota-kota lain, termasuk Teheran.

Gempa itu juga merusak sebuah basis tentara dan bangunan di kota perbatasan dan menewaskan sejumlah tentara yang tidak ditentukan.

“Ini adalah rasa sakit bagi rakyat Iran. Mewakili rakyat Iran, saya menyampaikan belasungkawa kepada warga Kermanshah,” ungkap Presiden Iran Hassan Rouhani.

Sebelumnya pada tahun 2003, gempa berkekuatan 6,6 mengguncang kota bersejarah Bam, menewaskan 26.000 orang.

Sumber : https://www.islampos.com/gempa-guncang-iran-hassan-rouhani-ini-rasa-sakit-bagi-rakyat-84572/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *