Kenapa Harus Gunung Uhud ???

Yaa…bunayya..taukah kalian, kenapa semua orang ingin mengajak kalian mengunjungi Gunung Uhud yang begitu diberkahi melebihi tempat manapun yang lebih indah dari itu ?

Itu karena, jika kita beribadah didalamnya maka pahalanya melebihi ribuan kali jika kita beribadah dimasjid terindah manapun.

Itu karena kami ingin menancapkan kecintaan masjid dan ibadah sebagai penghibur hatimu…menancap kokoh seperti akar pohon kurma yang tetap kuat dalam keadaan apapun. Menanamkan kecintaan saat kalian kecil lebih mudah bagi kami yaa..bunayya.kami tidak tau fitnah- fitnah apa yang akan kalian temui kelak di jaman kalian, tapi kami berharap dengan pengharapan yang sangat kepadaNya, bahwa kalian bisa menghadapi semua dengan bekal dari kami. Semoga Allah selalu menjaga kalian dan anak keturunan kalian.

Itu karena, kami ingin mendapat banyak doa dari orang- orang yang memandangmu, menjawilmu, menyalamimu, mencubitmu, menciummu, membelaimu…..barakallah, tabarakallah, masyaAllah, dan sederet kata- kata indah lainnya yang kami senang mendengarnya untukmu…..amiin.

Itu karena, kami ingin menunjukkan bahwa ada banyak pahlawan yang lebih tangguh dan lebih kuat dari superhero yang kalian tau….Ukasyah, Abdullah bin Ummi Maktum, Sa’ad bin Abi Waqash, Umar bin Khattab, Zaid bin Harits, Abu bakar, Ja’far, Hamzah, Usman, Ali, Bilal….dan banyak lagi yaa bunayya.

Kalian bertanya kepada kami….kenapa janji kami dan gambaran pahala kalian selalu gunung Uhud,..

gunung Uhud kecil, gunung Uhud tidak tinggi, gunung Uhud tidak indah seperti lainnya….

Kami tertawa yaa bunayya…saat akal dan logika kalian mulai menyembul seperti kuncup bunga yang bermekaran…..saat itu pula kami sadar, kalian bukan bayi kecil yang dulu lagi…..

Tahukah kalian duhai anak- anakku, gunung Uhud memang tidak tinggi, gunung Uhud memang tidak indah, gunung Uhud hanya seperti batu…tapi taukah kalian nak!….Jika kita berkeliling di kota itu, sejauh mata memandang, kita akan selalu melihat gunung itu.

Didalamnya banyak makam para Syuhada’ tersebar di mana- mana.

Taukah kalian nak…seberapa besar pahala para Syuhada yang terkubur di sana…banyak nak! Banyak! Penuh hingga memenuhi bumi dan langit, nak!

Taukah kalian nak! Seberapa lebar kubur para Syuhada’ yang terkubur di dalamnya….sejauh mata memandang, anakku!

Taukah kalian nak, para Syuhada’ yang terkubur di sana, Allah telah ridha kepada mereka dan mereka ridha kepada-Nya. Sehingga Allah menampakan surga kepada mereka pagi dan petang hingga hari kiamat kelak.

Di atas gunung itu, ada banyak cerita sejarah nyata yang terukir di sana, ada banyak darah yang tertumpah di sana, ada banyak kisah haru tercatat di sana, ada banyak air mata yang mengiringi sejarah gemilangnya.

Itulah jawaban kami nak! Gunung Uhud bukan gunung biasa, gunung Uhud adalah gudang sejarahnya para manusia saleh, gunung Uhud adalah saksi sejarah para manusia yang terpilih, gunung Uhud adalah tempat terkuburnya orang- orang saleh yang pahalanya memenuhi langit dan bumi di sisi-Nya. Dan kami ingin kalian memilikinya seperti orang- orang soleh itu hingga kalian dan kami bertemu dengan-NYA dan memandang wajah-NYA dengan selamat.

Saat kami mengajari kalian banyak hal, cukuplah dengan iming- iming cerita kiasan kami “pahala sebesar gunung Uhud”.

Hanya itu nak…..hanya itu…..!?

Surga hanya bisa dicapai dengan pahala dan rahmad-NYA, surga hanya diperuntukkan bagi orang- orang yang takut terhadap-NYA.

Sumber : https://www.ammartour.com/kenapa-harus-gunung-uhud/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *