Ketika Imam Abu Hanifah Membantu Menemukan Harta Yang Hilang

Pada sebuah kesempatan, Imam Abu Hanifah didatangi oleh seorang laki-laki. Orang tersebut mengadu kepada Imam Abu Hanifah soal hartanya yang hilang seraya meminta bantuan pada ulama tersebut.

“Wahai Imam, beberapa waktu lalu aku pernah meletakkan hartaku di suatu tempat. Akan tetapi sekarang aku lupa dimana tempat tersebut. Bisakah anda membantuku menemukannya?” pinta laki-laki tersebut.

Awalnya Imam Abu Hanifah menjawab bahwa mencari tempat harta itu bukanlah pekerjaan seorang ulama. Namun, tak lama kemudian Imam Abu Hanifah kemudian memberi jawaban lain kepada laki-laki yang bertanya tersebut.

“Pergilah shalat hingga menjelang shubuh. Dengan izin Allah engkau akan ingat dimana engkau pernah meletakkan hartamu,” kata Abu Hanifah.

Maka laki-laki itu pun segera mengerjakan apa yang diperintahkan Abu Hanifah. Tidak berapa lama, laki-laki itu ingat tempat ia pernah meletakkan hartanya. Ia pun segera kesana dan mengambil hartanya.

Keesokan harinya, laki-laki itu kembali menemui Abu Hanifah. Ia berterimakasih kepada Abu Hanifah dan mengkhabarkan kepadanya bahwa ia telah menemukan hartanya kembali.

“Tapi, bagaimana anda mengetahui bahwa aku akan ingat tempat aku pernah menaruh hartaku?” tanya laki-laki itu.

Imam Abu Hanifah menjawab, “ Karena aku tahu bahwa syaitan senantiasa menggoda manusia terlebih ketika ia shalat. Dan syaitan akan menyibukkan shalatmu dengan pikiran-pikiran dan kamu akan mengingat-ingat dengan keras di mana kamu akan menemukan hartamu”.

Sumber : https://gemaislam.com/1205-ketika-imam-abu-hanifah-membantu-menemukan-harta-yang-hilang.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *