Kim Jong Un Janji akan Tutup Fasilitas Nuklir Korea Utara

Mengikuti pertemuan bilateralnya dengan Presiden Korea Selatan beberapa hari kemarin, Kim Jong Un berjanji untuk menutup situs uji nuklirnya di bulan Mei ini. Tak hanya itu, Kim Jong Un bahkan bersedia membuka fasilitas peluncuran nuklirnya untuk didatangi para ahli wartawan baik dari Korea Selatan maupun AS.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un telah berjanji menutup situs uji nuklirnya pada Mei mendatang. Kim Jong Un juga siap membuka fasilitas nuklirnya bagi para ahli dan wartawan dari Korea Selatan dan AS.

Kantor kepresidenan Korea Selatan mengumumkan rencana itu dan mendapat pujian sebagai lompatan besar dalam pembicaraan damai menjelang negosiasi nuklir krusial dengan Donald Trump.

Presiden AS diperkirakan akan bertemu dengan Kim Jong Un dalam beberapa minggu ke depan, di tengah rasa keraguan yang meluas tentang apakah Korea Utara akan sepenuhnya menyerahkan senjata nuklirnya atau tidak. Jong Un membuat komentar selama pertemuan puncaknya dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in pada hari Jumat (27/4/2018) di sebuah desa gencatan senjata perbatasan.

“Dia juga menyatakan optimisme tentang pertemuannya dengan Trump, mengatakan presiden AS akan belajar bahwa dia bukan orang yang akan menembakkan rudal ke AS,” kata jurubicara Jae-in, Yoon Young-chan.

Para pemimpin Korea Utara dan Korea Selatan berjanji untuk bekerja menuju ‘denuklirisasi lengkap’ di Semenanjung Korea, tetapi tidak membuat referensi untuk verifikasi.

Korea Utara bulan ini mengumumkan telah menangguhkan semua tes perangkat nuklir dan rudal balistik antarbenua dan berencana untuk menutup tempat uji coba nuklirnya. Dalam percakapannya dengan Presiden Korea Selatan, Kim membantah bahwa ia hanya akan membersihkan barang-barang yang rusak, mengatakan bahwa situs itu juga memiliki dua terowongan baru yang lebih besar dari fasilitas pengujian sebelumnya.

Sumber : https://www.islampos.com/kim-jong-un-janji-akan-tutup-fasilitas-nuklir-korea-utara-84306/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *