Media-media Eropa Sorot Kemenangan Erdogan

Headline media-media di Eropa serempak menyorot kemenangan Recep Tayyip Erdogan dalam Pilpres Turki, Ahad (24/6/2018).

Media Inggris, Perancis, Jerman, Austria, Belanda, Swiss, dan Hongaria semuanya memberitakan mengenai Pemilu Turki.

Namun, sebelumnya mayoritas media-media tersebut selama ini telah memberitakan isu negatif mengenai presiden Turki dan sistem presidensial yang baru.

“Selamat datang di kepemimpinan Erdogan berikutnya,” tulis Neue Zurcher Zeitung, surat kabar berbahasa Jerman di Swiss.

Seperti diketahui, Erdogan memenangkan suara mayoritas dalam pemilihan presiden dengan 52,5 persen suara pada hari Ahad berdasarkan data dari Dewan Pemilihan Tertinggi.

Dalam pemilihan parlemen hari Ahad, Aliansi Rakyat -koalisi antara Partai Keadilan dan Pembangunan (AK) dengan Partai Gerakan Nasionalis Erdogan- memenangkan 53,6 persen suara.

Di sisi lain, persatuan anggota Ikhwanul Muslimin di Swiss juga memberi selamat Erdogan atas kemenangan dalam pemilu.

Sky News Inggris melaporkan pengumuman Dewan Pemilihan Agung Turki.

“Dengan 97,7% suara dihitung, dewan pemilihan menyatakan Erdogan sebagai pemenang dengan ‘mayoritas absolut’ suara sah,” tulisnya.

Harian Prancis Liberation juga mengumumkan keberhasilan Erdogan dengan judul “Turki: dan kemudian Erdogan menang” dengan menambahkan bahwa partisipasi pemilih dalam pemilu tersebut telah memecahkan rekor.

Surat kabar Tagesspiegel Jerman mengatakan presiden Turki akan membutuhkan lebih banyak dukungan dari nasionalis, sementara Frankfurter Allgemeine Zeitung menekankan fakta bahwa tidak akan ada putaran kedua.

Di Austria, Die Presse juga melaporkan tentang warga Turki di Austria yang sangat mendukung Partai Keadilan dan Pembangunan (AK).

“Erdogan adalah pemimpin karismatik, sebagian besar orang Turki mendukungnya,” kata Janos Hovari, mantan utusan Hongaria di Ankara yang dikutip di surat kabar Magyar Idok di Hongaria.

Sumber : https://www.islampos.com/media-media-eropa-sorot-kemenangan-erdogan-93010/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *