Menteri Turki: 976 ribu Anak Suriah Sekolah di Turki

Di turki terdapat jumlah di atas 60 persen anak-anak Suriah yang mengikuti pendidikan di sekolah-sekolah Turki. Hal ini dikonfirmasikan oleh pejabat Kementerian Pendidikan Turki pada Ahad (29/4/2018).

“Kami telah dapat mengirim 62 persen dari 975ribu anak usia sekolah Suriah ke sekolah. Angka ini sekitar 20-30 persen pada awalnya,” kata Nezir Gul, Direktur Jenderal Lifelong Learning di Kementerian Pendidikan Nasional Turki.

Saat ini ada sekitar 3,5 juta warga Suriah di Turki, yang melarikan diri dari perang saudara di negara mereka.

“Kami telah mengambil berbagai langkah untuk mencegah anak-anak Suriah kehilangan hak pendidikan mereka. Tujuan kami adalah untuk mengirim semua anak-anak usia sekolah [Suriah] ke sekolah, mengikuti apa yang presiden kami [Recep Tayyip Erdogan] katakana,” ungkap Gul.

Pejabat itu juga mengatakan mereka ingin membuat semua anak Suriah menerima pendidikan di sekolah, bukan di pusat pendidikan sementara.

“Kami memiliki 318 pusat pendidikan sementara sekarang. Tujuan kami adalah untuk mengurangi jumlah pusat pendidikan sementara dan membuat siswa melanjutkan pendidikan mereka di sekolah,” tambah Gul.

Suriah telah terkepung dalam perang sipil yang ganas sejak 2011 ketika rezim Bashar al-Assad menindak keras protes pro-demokrasi dengan kekerasan yang tak terduga.

PBB menyebut, sejak itu ratusan ribu warga Suriah tewas akibat konflik.

Sumber : https://www.islampos.com/menteri-turki-976-ribu-anak-suriah-sekolah-di-turki-84412/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *