Penyakit Hati Orang Munafik

Adalah penyakit yang sangat berbahaya, tak hanya untuk dirinya sendiri tapi juga untuk orang lain. Beirkut adalah hadits shahih dari Ibnu Mas’ud :

“Tidak ada yang akan meninggalkan shalat berjamaah, kecuali orang munafik yang sudah diketahui kenifakannya.” (HR. Imam Muslim)

Oleh karena itu, apabila Anda mendapatkan seseorang keadaan sehat, segar, kuat, mempunyai waktu luang, dan tidak memiliki udzur syar’I, namun tidak mau mendatangi masjid ketika mendengar panggilan adzan, maka saksikanlah dia sebagai orang munafik.

Rasulullah Saw bersabda,

“Demi Dzat yang jiwaku ada di tangan-Nya. Sungguh aku telah berniat menyuruh mendirikan shalat sehingga berdiri (tegak). Kemudian aku berpaling kepada orang-orang yang tidak menghadiri (shalat) isya bersama kita. maka akan aku bakar rumah-rumah mereka dengan api.”

Sedangkan menurut riwayat Ahmad, “Jikalau bukan karena adanya wanita dan anak-anak di dalam rumha-rumah itu, demi Dzat yang jiwaku ada di kekuasaan-Nya, seandainya salah seorang dari mereka mengetahui bahwa ia akan mendapatkan sisa-sisa daging yang gemuk atau dua buah kaki kambing (kikil) yang bagus, niscaya ia akan menghadiri (Shalat isya bersama kita).

Dengan demikian, barangsiapa yang meninggalkan shalat berjamaah tanpa udzur syar’I berarti ia memiliki salahs atu karakter nifak. Semoga Allah melindungi kita dari perilaku demikian.

Source : https://www.islampos.com/penyakit-hati-orang-munafik-62531/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *